• Galeri
  • Sosial Media
  • Web Link
  • Katering

  • ---Selamat NATAL & TAHUN BARU 2015, sejahtera untuk kita semua,. Ayo ke Magelang!!!---

    Profil

    width=118
        

    SELAYANG PANDANG
             Taman Kyai Langgeng Obyek Wista Kota Magelang Jawa Tengah


     Taman Kyai Langgeng terletak di jalan Cempaka no. 6 Kota Magelang, yang temasuk dalam Obyek Wisata Jawa Tengah. Berwisata ke taman ini merupakan suatu keasyikan tersendiri. Selain taman yang ditata secara rapi, ternyata banyak sekali tawaran kenikmatan dengan keunikan-keunikan yang dimiliki oleh Taman Kyai Langgeng serta fasilitas lain yang tersedia di dalamnya. Suatu pesona panorama alam menakjubkan yang dapat mengisi kekosongan jiwa para pengunjungnya secara sempurna.

     Kyai Langgeng adalah sebuah nama yang diambil dari nama salah seorang pejuang di bawah pimpinan Pangeran Diponegoro, satu di antara pahlawan-pahlawan Indonesia yang berjuang dengan gagah berani merebut kemerdekaan melawan penjajah Belanda selama perang Diponegoro (1825 - 1830). Dasar dijadikannya sebuah Taman dengan menggunakan nama Kyai Langgeng karena almarhum dimakamkan di kawasan ini. Makam tersebut masih ada dan terawat hingga saat ini.

     Taman Kyai Langgeng dengan luas 27,5 hektare memiliki ratusan koleksi tanaman langka yang bisa dimanfaatkan sebagai obyek penelitian antara lain ada Cempaka Ganda (Mycelia campaca), Dewa Daru (Eugenia Sp), Apel Beludru (Diospiros Rabbola), Nagasari (Mesua Ferrea), Matoa (Pometia Pinata Ireigfost), Ruser (Arthocarpus Sp), Lobi-Lobi (Flacouritia Inermis Roxb) dan masih banyak lagi.

     Taman satwa pun tersaji, ada buaya, owa, itik, burung, berbagai jenis ikan dan sebagainya. Fasilitas-fasiltias penunjang yang dimiliki Taman Kyai Langgeng adalah sebuah kolam renang yang dipisah menjadi dua dengan pembatas terapung. Masing-masing untuk anak-anak dengan kedalaman 1 meter dan untuk orang dewasa sedalam 2 meter. Kolam renang ini dilengkapi dengan menara peluncur bergelombang dan tentunya tempat bilas serta ganti.

     Di samping itu, pesona lain yang tesedia adalah koleksi patung-patung dinosaurus, gelanggang remaja, taman lalu lintas, rumah joglo, rumah apung, panggung terbuka, arena bermain, sungai untuk arung jeram, bianglala, becak mini, kereta air, 
    jet coaster, kereta mini, komidi putar, anjungan dirgantara, flying fox dll.







    -SEJARAH

    Area Taman Kyai Langgeng pada awalnya merupakan lahan kritis berupa pekuburan, persawahan dan kebun yang kurang produktif. Melalui gagasan Drs. H. A. Bagus Panuntun, 1981 lokasi ini disebut “Taman Bunga” dengan luas lahan ± 5Ha yang menyimpan daya tarik pemandangan alam yang memepesona.

    Nama Kyai Langgeng diambil dari nama tokoh pejuang kemerdekaan pada masa Perang Pangeran Diponegoro, yang makamnya berada di area taman ini. Beliau adalah seorang ulama dan merupakan penasehat Pangeran Diponegoro sewaktu berjuang melawan penjajah Belanda di wilayah tanah Jawa khususnya wilayah Magelang.

    Pada tanggal 15 September 1987 Taman Kyai Langgeng diresmikan oleh Gubernur KDH Tk.I Jawa Tengah yang pada saat itu dijabat oleh Bapak H. Muhammad Ismail. Seiring dengan perkembangan Taman Kyai Langgeng selalu berbenah diri untuk menjadi tempat wisata potensial dan handal.


    -GEOGRAFI

    Letak Geografis Taman Kyai Langgeng sangat strategis, yaitu:
    ·        20 km / 15 menit dari wisata Candi Borobudur
    ·        45 km / 60 menit dari kota Yogyakarta
    ·        30 km / 50 menit dari Taman Wisata Kopeng
    ·        76 km / 90 menit dari kota Semarang
    ·        150 km / 120 menit dari wisata Dieng

    Taman Kyai Langgeng sebagai tempat wisata memiliki panduan kenyamanan dengan struktur geografis pegunungan dan keadaan fisik yang menguntungkan, antara lain:
    ·        Kelembaban udara rata-rata 92,16 %
    ·        Ketinggian rata-rata 340 s.d 380 m dari permukaan air laut
    ·        Suhu rata-rata 24,75° C (21° C - 29° C)
    ·        Jenis tanah Litosol
    ·        Kontur bervariasi antara 2-27%
    ·        Curah hujan rata-rata 2,506 mm per tahun
    ·        Bagian barat dengan kemiringan tanah 30° kearah sungai Progo
    ·        Bagian timur dengan kemiringan tanah 25° kearah sungai Elo







    -VISI DAN MISI

    VISI
    ·        Memberikan fasilitas dan pelayanan pada masyarakat dengan prinsip efisiensi dan efektifitas dalam bidang rekreasi, olah raga, pendidikan dan pelestarian lingkungan hidup serta upaya peningkatan pendapatan asli daerah.
    MISI
    ·        Mengembangkan pembangunan daerah, khususnya bidang pariwisata dan perekonomian daerah.
    ·        Mengelola taman dan koleksi tanaman langka atau hampir langka sesuai dengan prinsip pelestarian alam.
    ·        Menyelenggarakan hiburan umum dan rekreasi yang ditentukan oleh Direksi atas persetujuan Badan Pengawas.


     
     Tujuan umum perusahaan ke depan
    ·        Peningkatan fasilitas taman dan pelayanan pada masyarakat yang lebih baik dengan prinsip efisiensi dan efektifitas dalam bidang rekreasi, olahraga, pendidikan dan pelestarian lingkungan hidup serta upaya peningkatan pendapatan Asli Daerah.






      Lihat / KLIK Di sini untuk membuka peta Taman Kyai Langgeng yang lebih besar

    By: Widhi Zaifuan; zaifuan.co.vu